jajanan berbau oncom

Sebagai seseorang yang lahir dan besar di tanah priangan pada masyarakat sunda, saya sering melahap beberapa penganan yang mungkin hanya ada dan terkenal di lingkungan orang sunda atau daerah Jawa Barat. Kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang jajanan atau cemilan yang berbau oncom.

ONCOM
Ketika tugas di Medan, Sumatera Utara, saya heran karena tidak menemukan oncom di pasar. Lebih kaget lagi karena orang-orang disini tidak mengetahui apa itu oncom. “oh, mungkin belum nyampe sini itu oncom”,pikirku.
Oncom adalah produk fermentasi atau peragian seperti halnya tempe namun beda bahan dan proses pengolahan. Oncom terbuat dari bungkil tahu atau ampas kacang tanah yang terkadang dicampur ampas singkong. Dalam pengolahannya, oncom yang sudah jadi adalah ketika kapang sudah menjadi spora berbeda dengan tempe yang siap ketika kapang belum menghasilkan spora.
Nah, penganan berikut berbau oncom karena namanya yang unik.

COMRO
Comro singkatan dari oncom di jero (oncom di dalam). Comro terbuat dari parutan singkong yang terkadang dicampur parutan kelapa dan bumbu lainnya, dibentuk bulat lonjong atau agak gepeng, dan diisi sambal oncom didalamnya. Rasanya asin-asin pedas dan renyah agak legit.

COMRING
Comring singkatan dari comro garing. Maksudnya comro yang dibikin gepeng dan garing. Jajanan ini merupakan sejenis keripik yang biasanya berbentuk lingkaran, pipih, tipis dan berwarna oranye kecoklatan. Rasa singkongnya begitu terasa dengan hiasan cabe merah yang membuat nuansa pedas saat memakannya. Keistimewaannya dengan bentuk seperti itu, comring menjadi awet, tahan lama dan cocok dibawa untuk oleh-oleh.

COMET
Comet singkatan dari comro lemet, artinya comro tapi kecil (lemet). Comet bisa dikatakan figur mini si comro. Comet kira-kira seukuran uang logam tapi gendut atau buntet. Dengan ukuran seperti itu sebutir comet bisa langsung masuk mulut tidak seperti comro yang harus digigit beberapa kali. Kadang comet ada yang diisi oncom namun kebanyakan polos tanpa oncom. Bisa jadi karena ukurannya yang mini sehingga susah untuk mengisinya dengan oncom. Di daerah asal saya, Sumedang, tukang comet banyak mangkal di seputaran Taman Endog.

GUCOM
GUCOM singkatan dari tarigu oncom, artinya terigu dan oncom. Yang ini adalah sejenis gorengan dimana oncom dihancurkan kemudian dicampur terigu dan bumbu lain. Hasilnya agak lembek, tidak kriuk karena tekstur oncom yang lembut dan gampang hancur. ya setidaknya bisa buat mengganjal perut yang keroncongan.

Iklan

2 Comments Add yours

  1. yisha berkata:

    pengin……………. 😦
    *memelas

    1. itatea berkata:

      belom dapet photonya.
      kudu mudik dulu.
      cup cup sabar yaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s