keistimewaan shaum

on

Alhamdulillah ketemu lagi dengan Ramadhan. senangnya….
lagi buka-buka file, ketemu juga edisi tentang shaum di folder jadul.
ah kenapa tidak kubagi saja dengan handai taulan di dunia maya.
yang ini tentang keistimewaan shaum. mau?? ^^

©  Shaum milik Allah dan balasannya tidak terbatas
Abu Hurairah ra meriwayatkan hadist qudsi).“semua amal perbuatan bani adam adalah untuknya, kecuali shaum, shaum adalah untuk dan kepunyaanKu dan Akulah yang langsung membalasnya.“

©  Membersihkan jiwa
Jika mau, orang yg puasa bisa saja makan, minum,seks tanpa diketahui oleh orang lain tapi ia tinggalkan semua itu hanya untuk mencari ridha Allah semata, membersihkan jiwa dgn menaati perintahNya & menjauhi laranganNya.

©  Sebagai penangkal
Shaum adalah penangkal dari petir kemaksiatan. Rasulullah memerintahkan kpd para pemuda yg belom sanggup menikah untuk berpuasa. Tujuannya yaitu jaga pandangan, memelihara kemaluan dan sebagai wija’ (benteng).

©  Dikabulkan doa & diampuni dosa
Rasulullah saw bersabda,”Andaikan umatku tahu pasti tentang sesuatu yg tersembunyi di bulan Ramadhan, pasti mereka mengharap seluruh bulan dalam setahun menjadi bulan Ramadhan, sebab ia akan dapat menghimpun segala kebaikan dan taat yg dikabulkan,doa-doanya dikabulkan, segala dosanya diampuni dan surga merindukan orang-orang yang shaum di bulan Ramadhan.”
Rasulullah saw bersabda,”Barangsiapa melaksanakan puasa dgn iman dan mengharap (ridha Allah), diampuni dosanya terdahulu. (HR Muslim)

©  Dimasukkan ke surga
Diriwayatkan oleh Sahal bin Sa’ad bahwa Rasulullah saw bersabda,”Sesungguhnya surga memiliki sebuah pintu yg dikenal dgn nama ar-Rayyan. Dikatakan pada hari kiamat,”Dimanakah orang-orang yg berpuasa?” Jika orang yg terakhir dari mereka sudah masuk, maka ditutuplah pintunya.“(HR Bukhari Muslim).

©  Dijauhkan dari api neraka
Dari Abu Said al-Khudri bahwa Rasulullah saw. bersabda,”Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari dlm jihad di jalan Allah, kecualiAllah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka sejauh tujuh puluh tahun”(HR Jamaah kecuali Abu Daud)

©  Mendapat syafaat
Dari Abdullah bin Amr, Nabi Muhammad saw.bersabda,”Puasa dan Al-Quran memberikan syafaat kepada hamba pada hari kiamat. Puasa berkata,”Ya Rabb,Engkau cegah dia dari makan dan syahwat pada siang hari, (berilah) syafaat aku untuknya.” (HR Ahmad, Muslim dan Nasa’i).

©  Manfaat klinis
Telah diakui para dokter ahli kalo puasa itu menyehatkan.
Manusia punya dua unsure: materi dan psikis. Terdapat dua unsur yg saling bertentangan. Dalam puasa, unsur ruhani akan menang atas unsur materi, unsur akal akan menang dari unsur syahwat.

©  Mendidik
Puasa mendidik kemauan, jihad melawan hawa nafsu, membiasakan sabar dan menahan kesenangan.

©  Bersyukur
Puasa menjadikan orang yg melakukannya senantiasa ingat akan nikmat Allah. Seseorang akan merasa nikmat kenyang jika ia pernah merasa lapar dan dahaga. Hal ini akan mendorongnya untuk senantiasa mensyukuri nikmat dari Allah.

©  Social
Ketika puasa, setiap orang(meskipun kaya) dipaksa utk sama-sama lapar dan menderita seperti yang sering dirasakan fakir miskin. Hal ini mendorong rasa kepedulian social, saling mengasihi dan menyayangi antar sesama. Dalam beberapa hadist diriwayatkan bahwa Ramadhan disebut juga sebagai bulan santun.

©  Derajat Taqwa
Jadi, intinya adalah puasa dapat menyiapkan manusia dan membawanya ke derajat taqwa dan mengangkatnya mencapai derajat muttaqin.
“wahai orang-orang yg beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, supaya kamu bertaqwa.”(QS.2:183)

©  Dua kebahagiaan dan dua kesabaran
.“Orang yang berpuasa mempunyai dua kegembiraan. Ia gembira dengannya.Apabila berbuka, ia akan bergembira dengan bukanya dan apabila bertemu Rabb(Tuhan)nya, ia juga akan bergembira dengan puasanya. »
Tidak heran jika bulan puasa disebut juga bulan sabar karena dalam ibadah ini terdapat dua kesabaran sekaligus. Yaitu sabar dalam menjalankan ketaatan dan sabar dalam meninggalkan maksiat.

masih banyak hal yang membuat betapa shaum ini begitu istimewa. semoga membuat kita untuk selalu merindukan ia.
selamat berpuasa!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s